Minggu, 11 Desember 2016

Kepadatan Arus Lalu Lintas Menjelang Libur Panjang Akhir Pekan

Polisi memprediksi kepadatan kendaraan di libur panjang akan terjadi pada Sabtu malam
Antrean Kendaraan
Ratusan calon penumpang berebutan masuk ke dalam bus demi mendapatkan tempat duduk dan berangkat menuju tujuan mereka berebut bus lantaran yang dari Jumat sore sudah penuh terisi, puluhan bus dari berbagai jurusan terpaksa berangkat lebih awal dari jam keberangkatannya di terminal Purabaya Surabaya yang terletak di Bungurasih Sidoarjo Jawa Timur puluhan bus berbagai jurusan terpaksa berangkat lebih awal dari jam keberangkatannya di terminal Purabaya Surabaya yang terletak di Bungurasih Sidoarjo Jawa Timur.

Armada bus reguler yang seharusnya berangkat Jumat malam terpaksa dimajukan jam keberangkatannya menjadi Jumat sore bus-bus berangkat karena jumlah penumpang melonjak dan bus cepat terisi. Peningkatan calon penumpang jelang libur panjang akhir pekan ini di dominasi tujuan Madiun, Kediri, Nganjuk, Caruban, Jogja dan Semarang. Para penumpang ini memanfaatkan libur Senin yang membuat akhir pekan menjadi lebih panjang.

Dinas Perhubungan berencana menambah armada dengan 10 bus Pariwisata khususnya  untuk calon penumpang antar kota antar provinsi seperti tujuan Jogja dan Semarang. Menikmati libur panjang akhir pekan warga Jakarta sejak Jumat malam mulai meninggalkan Ibu Kota.

Arus lalu lintas di Tol Cikampek menuju Bekasi, Karawang, Purwakarta dan sekitarnya mengalami kepadatan sejak pukul 20.00, kepadatan lalu lintas terlihat mulai di kilometer 0-800.

Sementara di ruas Tol Jago Rawi menuju Cibubur, Depok dan Bogor kepadatan kendaraan sudah terjadi, kecepatan kendaraan diperkirakan hanya 20 hingga 40 kilometer/jam. Masyarakat yang hendak berlibur keluar kota dihimbau untuk memilih jalur alternatif dan mempersiapkan makanan dan bahan bakar kendaraan yang cukup untuk mengantisipasi kemacetan yang panjang.

Antrean ratusan kendaraan terjadi sepanjang 5 kilometer mulai dari Simpang Gadok hingga pasar Cisarua, ada lebih dari 5 titik persimpangan jalur utama dan alternatif yang menjadi penyebab kemacetan di jalur puncak pengendara pun harus menunggu berjam-jam karena kendaraan harus melintas bergiliran menunggu jalur dibuka oleh petugas.

Untuk mengurangi kemacetan Polisi menerapkan sistem buka tutup arus dari berbagai arah bahkan rekayasa sistem One Way atau satu arah menuju Puncak dilakukan lebih awal dengan batas titik pending di ruas jalan Riung Gunung Puncak. Sedikitnya 300 Polisi dikerahkan untuk mengurai kemacetan selama libur panjang akhir pekan ini.

Antrean kendaraan mulai memadati jalan Tol Jakarta Cikampek, antrean kendaraan terjadi di kilometer 57 tepatnya di wilayah Kelari Karawang Jawa Barat. Kepadatan arus lalu lintas di jalur favorit ini akibat banyaknya warga Jakarta dan sekitarnya yang melakukan perjalanan untuk menikmati masa libur panjang akhir pekan dan Maulid Nabi.

Antrean kendaraan sudah terjadi sejak di Jakarta, Bekasi hingga Karawang jika dalam kondisi lancar dari Jakarta hingga Tol Jakarta-Cikampek di kilometer 57 di tempuh dalam  waktu 30 menit kali ini perjalanan memakan waktu hingga 2 jam.

Peningkatan jumlah kendaraan terekam di Tol Palimanan Cirebon Jawa Barat antrean ratusan kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah di pintu keluar Tol Palimanan terjadi sejak Sabtu dini hari hingga pagi. Arus kendaraan didominasi mobil pribadi yang hendak melakukan perjalanan ke wilayah Cirebon Jawa Tengah.

Mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan pengelola Tol Palimanan menambah 5 gardu tiket dari arah Jakarta Menuju Jawa Tengah sehingga total menjadi 14 gardu sementara dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta hanya dioperasikan 5 gardu tiket. Polisi memprediksi kepadatan kendaraan di libur panjang akan terjadi pada Sabtu malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar