Minggu, 25 Desember 2016

Sterilisasi Gereja di Sejumlah Daerah Jelang Perayaan Natal

Sterilisasi Gereja di Subang Jawa Barat
Aparat Kepolisian gabungan dari tim penjinak Bom Brimob Polda Jawa Barat bersama dengan Polres Subang melakukan sterilisasi terhadap lebih dari 25 gereja yang ada di wilayah Subang, dalam Sterilisasi tim penjinak bom dilengkapi dengan metal detektor, setiap ruangan berbagai barang yang ada di dalamnya tidak luput dari pemeriksaan. Saat perayaan natal Polisi juga melakukan komunikasi dengan pihak gereja serta meminta para jemaat mematuhi aturan yang ada dan tidak perlu membawa barang yang berlebihan.

"untuk dari Polres Subang kita untuk keseluruhan dalam sterilisasi ini ada kurang lebih 30 personil Polsek Subang, seluruh yang ada di dalam kita periksa Alhamdulillah aman" ujar Kompol Agus Eka Kapolsek Subang Kota

Sementara di Kendal Jawa Tengah personel gabungan Polri dan TNI mengamankan 4 gereja utama di Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Kapolres Kendal AKBP Maulana Hamdan mengatakan personel yang disiapkan sebanyak 430 orang dari Polres dan jajarannya.

Personel pengamanan ini akan di tempatkan di gereja-gereja dibantu aparat Kodim dan organisasi keagamaan, selain itu Polres mendirikan 4 posko di beberapa gereja besar yang mempunyai jemaat dalam jumlah banyak. Polres Kendal juga menyiagakan kendaraan patroli mulai roda 4 hingga roda 2 serta kendaraan Pemadam Kebakaran dan Ambulance.

"nah itu kita siapkan anggota pada jam-jam yang telah ditentukan, anggota dibantu oleh pemuda gereja di bantu oleh ormas Islam untuk menjaga gereja-gereja pada pelaksanaannya nanti, posko dari anggota kurang lebih ada 20 berpareasi itu sampai 30 orang anggota masih ditambah dari unsur yang lain" ucap AKBP Maulana Hamdan Kapolres Kendal

Sedangkan di Sukabumi Jawa Barat pengamanan melibatkan ratusan personil bersenjata lengkap serta tim penjinak bom, tim penjinak bom gegana Polda Jabar menyisir sejumlah gereja di Sukabumi Jawa Barat dengan menggunakan alat detektor khusus, selain sterilisasi yang dilakukan oleh tim gegana Brimob Polda Jabar, Kepolisian Resort Sukabumi Kota menempatkan Polisi bersenjata untuk menjaga keamanan malam natal. Polres Sukabumi juga menetapkan status siaga satu dan memerintahkan tembak di tempat bagi perusuh.

"sebagaimana yang rekan-rekan lihat jadi pelibatan personil kita saat ini 362 kemudian nanti kita di bantu juga dari Brimob, Brimob membantu stand by untuk melakukan cipta kondisi bersama-sama dengan masyarakat kemudian juga nanti di sini juga dibantu oleh pemuda gereja poskonya di sana nanti bekerja sama membantu" kata AKBP Rustam Mansyur Kapolres Sukabumi

Kerja keras yang dilakukan oleh kepolisian di sejumlah kota merupakan bentuk pengamanan yang dilakukan untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi umat kristiani yang akan melakukan ibadah natal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar